Daihatsu Tengah Siapkan Calon Xenia Baru

Daihatsu Tengah Siapkan Calon Xenia Baru

Daihatsu Xenia – Platform Daihatsu New Global Architecture ( DNGA) saat ini baru digunakan oleh segelintir produk seperti generasi baru Daihatsu Rocky, Taft, atau Toyota Raize.

Ada desas-desus bahwa basis ini akan disematkan juga pada sebuah MPV baru yang akan meluncur akhir 2020.

Dilansir dari laman Creative Trend, sabung ayam online s128 Daihatsu dikabarkan tengah menyiapkan sebuah MPV baru dengan konfigurasi tiga baris tempat duduk dan memiliki kapasitas enam penumpang.

MPV dengan platform DNGA ini disiapkan dengan beberapa pilihan mesin. Pertama adalah mesin turbo 3-silinder 1.000 cc turbo yang dipakai Rocky.

Kemudian tersedia juga mesin hybrid 3-silinder 1.200 cc dengan motor listrik, yang kabarnya bakal dikembangkan Toyota.

Di lain sisi, Daihatsu sebetulnya sempat mengenalkan MPV konsep DN Multisix lewat ajang GIIAS 2017 dan Tokyo Motor Show 2017 lalu.

Menariknya model ini digadang-gadang jadi pengganti Xenia di masa mendatang, dan bakal diluncurkan setelah tahun 2019. Namun, apakah bocoran mobil baru tadi merujuk pada DN Multisix?

Baca juga: Cara Mengatasi Serangga yang Terlanjur Bersarang Dalam Mobil

Namun, yang jelas, jika MPV baru Daihatsu itu adalah Xenia di masa depan, ini akan jadi suatu lompatan yang cukup besar.

Xenia bakal menjadi MPV modern lantaran menggunakan sasis DNGA, dan mengusung penggerak roda depan karena menggunakan mesin yang dipakai oleh Rocky.

Dan jika Xenia bakal melakukan ubahan besar, pasti kembarannya, Toyota Avanza juga akan ikut berbenah dengan platform DNGA.

Rocky

Selain Xenia baru tersebut, Daihatsu juga sempat dikabarkan dengan model terbaru di segmen SUV, Rocky.

Rocky sudah diluncurkan di Jepang pada pameran Tokyo Motor Show 2019, Oktober lalu. Rocky menjadi SUV pertama yang menggunakan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Dari sektor mesin, Rocky dibekali unit 1.000 cc 3-silinder dengan imbuhan turbocharger bertenaga 96 dk dan torsi 140 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT, serta memiliki pilihan penggerak 2WD dan 4WD.

Rocky memiliki fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang bisa menjaga jarak dengan kendaraan di depan secara otomatis. Juga fitur Lane Keep Control yang menjaga mobil agar tidak keluar dari jalur.

Hanya saja, kubu Astra Daihatsu Motor (ADM) masih menampik kabar kalau Rocky akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat.

Sumber: Kompas.com

Kiriman serupa