Dealer Mobil Hancur Jadi Sasaran

Dealer Mobil Hancur Jadi Sasaran Tembak Aksi Protes Floyd

Dealer Mobil Hancur Jadi Sasaran Tembak Aksi Protes Floyd – Dealer mobil di Amerika Serikat menjadi target kebrutalan demonstrasi atas kematian warga kulit hitam George Floyd. Menurut laporan Automotive News lebih dari 20 dealer hancur karena situasi panas di berbagai lokasi di AS tak bisa dikendalikan.

Toyota mengatakan enam dealer Toyota dan Lexus telah dirusak lantas terpaksa tutup karena aksi protes. Kerugian bukan cuma soal dealer, tetapi Toyota juga melaporkan sejumlah mobil dicuri dan dihancurkan.

Dealer Mercedes-Benz di California diamuk massa dengan meninggalkan bekas adegan berupa jendela pecah dan mobil terbakar. Mercedes-Benz menyatakan ‘beberapa dealer di California, Arizona, dan Georgia rusak karena aksi vandal.

Pihak Toyota mengatakan lebih dari 30 unit dicuri dari dealer saat kerusuhan terjadi pada Minggu dan Senin. Aksi protes antirasialisme berkembang di Amerika Serikat (AS) karena kematian George Floyd di tangan polisi Minneapolis, Minnesota.

George Floyd meninggal karena lehernya dikunci menggunakan lutut oleh polisi yang menangkapnya dengan tuduhan membelanjakan uang palsu di Minneapolis pada awal pekan lalu. Buntut kematian Floyd tersebut, muncul protes antirasialisme di seluruh wilayah AS, bahkan menular ke wilayah lain di dunia termasuk di Eropa.

antirasialisme berkembang di Amerika Serikat

Namun, tengah pekan lalu, aksi protes tersebut diwarnai perusakan dan penjarahan di sejumlah kota di AS seperti di Minneapolis, St Paul, hingga Atlanta. “Kami bisa menemukan beberapa mobil kami, tapi banyak yang hilang,” kata Western General Manager Toyota AS Ray Khouchaba.

Khouchaba juga bilang pencuri itu terorganisasi. Pelaku disebut mencuri kunci mobil pada Minggu malam kemudian kembali untuk membawa pergi mobil pada Senin malam. Saat itu dikatakan dealer sedang ditutup dan akan dibuka dalam beberapa hari.

Juga di San Diego di mana polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan demonstran sehingga terjadi bentrokan. Sementara itu pihak dealer Lexus menyebut dua mobil baru dan dua mobil bekas diambil massa pada Sabtu. Lokasi dua mobil di antaranya sudah terdeteksi dan dealer dikatakan tak ada kerusakan fisik.

Hingga akhir pekan lalu, aksi protes yang berujung bentrokan masih terjadi di sejumlah wilayah di Amerika Serikat. Beberapa di antaranya adalah di Santa Monica di mana polisi mencoba membubarkan pengunjuk rasa.

Kemudian di Washington DC, di mana seperti dilansir IDN Poker Online Indonesia dalam pemberitaan terkini (live update) polisi melakukan pengamanan terhadap demonstran di Taman Lafayette karena ketahuan membawa kotak berisi batu-batu.

Kemudian, di Philadelphia, para demonstran dibubarkan polisi pukul 18.00 waktu setempat karena sudah masuk jam malam. Polisi menggunakan peluru karet, gas air mata untuk membubarkan demonstran. Sementara itu, demonstran melakukan perusakan atas dua mobil polisi lalu membakarnya.

Dan, di Louisville, Wali Kota wilayah itu, Greg Fischer mengatakan polisi telah melakukan penangkapan terhadap 40 orang pada Sabtu malam. Fischer mengatakan mereka yang ditangkap adalah kriminal yang membonceng aksi antirasialisme.

Kiriman serupa