Dexa Award Science Scholarship Cari Calon Saintis

Dexa Award Science Scholarship Cari Calon Saintis

Dexa Award Science Scholarship Cari Calon Saintis – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, era baru saat ini bisa menjadi peluang menciptakan riset dan inovasi mendukung Indonesia maju dan mandiri terutama di sektor kesehatan. Menurut Bambang, selama masa ini riset vaksin dan pengobatan COVID-19 yang efektif akan terus dikembangkan.

“Di sinilah saintis sebagai harapan bangsa berkontribusi melalui perkembangan riset dan penelitian, yang bermanfaat untuk mencapai kemandirian bangsa agar kita tidak terus menerus bergantung pada produk impor,” ujar Bambang dalam Virtual Ceremony Dexa Award Science Scholarship 2020, di Youtube Dexan TV, Rabu.

1. Indonesia butuh banyak peneliti

Bambang mengungkapkan, Indonesia butuh banyak peneliti, inovator, dan orang-orang yang mau menciptakan solusi untuk tantangan bangsa di masa depan.

“Mari kita gunakan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk berkontribusi bagi negara kita, Anda sebagai penerus bangsa di bidang penelitian, memegang peranan penting untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju dan mandiri, terutama di sektor kesehatan,” tegasnya.

2. Dexa Group percepat penemuan dan perbaikan proses

Saat pandemik COVID-19, setiap laboratorium research and development, dan unit produksi Dexa Group bekerja mempercepat penemuan dan perbaikan proses.

Dexa Group telah memproduksi hydroxychloroquine, azithromycin, dan chloroquine, yang telah didonasikan sejak awal April 2020. Selain itu, juga memberikan prioritas pada tindakan pencegahan dengan memperbanyak produk Stimuno sebagai fitofarmaka jaga sistem imun manusia.

“Berbagai produk-produk seperti Lycoxy dan Seloxy mengandung kadar vitamin C dan Zinc dalam jumlah tinggi, kita tidak melupakan bahwa penyakit-penyakit lain perlu tetap diteliti seperti kormobid onkologi, diabetes, hipertensi, dan sebagainya,” papar Ferry.

3. Sains adalah dasar bertumbuh

Sementara itu, pimpinan Dexa Group Ferry A. Soetikno menyampaikan, sains adalah dasar kita bertumbuh. “Sulit sekali membayangkan di masa depan tanpa sains dan inovasi. Karena itu, Dexa Award Science Scholarship ini untuk mendukung peningkatan inovasi di sektor farmasi dan kesehatan,” katanya.

4. Dexa Award Science Scholarship untuk mencari calon-calon saintis temukan obat COVID-19

Ketua Dewan Juri Dexa Award Science Scholarship 2020 Raymond Tjandrawinata mengemukakann, Dexa Award Science Scholarship ini mencari calon-calon saintis yang mau berinovasi menemukan obat di masa depan, khususnya bagi pasien COVID-19.

Menurut dia, Indonesia tidak akan maju tanpa melakukan riset, tidak mempunyai produk-produk yang berasal dari Tanah Air, tidak akan maju jika hanya impor.

“Para saintis dari finalis Dexa Award Science Scholarship tidak berhenti di sini, tetapi harus memberikan kontribusi melalui riset yang dilakukan, tanpa memproduksi sendiri di dalam negeri kita tidak akan menjadi negara modern,” tegas Molecular Pharmacologist Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences Dexa Group tersebut.

Kiriman serupa