Gejala Awal Kerusakan pada Mobil Matic

Gejala Awal Kerusakan pada Mobil Matic

Gejala Awal Kerusakan pada Mobil Matic, – Pada jaman sekarang teknologi semakin mengalami perkembangan. Bahkan dalam dunia otomotif, dulunya Mobil menggunakan transmisi manual sekarang sudah ada yang otomatis.

Mobil jenis ini sangat mudah dikendarai karena tidak perlu untuk menekan pedal kopling dalam perpindahan gigi ataupun melakukan pengereman. Apalagi bagi wanita, sangat cocok untuk memakai Mobil jenis ini. Disamping hal itu pemilik Mobil juga harus mengetahui gejala awal kerusakan Mobil matic supaya dapat segera dilakukan penanganan. Tentunya terdapat kelebihan dan kelemahan pada Mobil matic.

Dalam kenyamanan yang ditawarkan terdapat juga kekurangannya. Karena kita sudah ketahui bahwa tidak ada yang sempurna. Oleh sebab itu perlu sekali untuk mengetahui informasi mengenai gejala awal kerusakan mobiul matic.

Nyetir mobil bertransmisi otomatis atau AT memang mudah dan praktis. Sebab kita gak perlu menggonta-ganti gigi. Tinggal gas-rem, gas-rem aja.

Tapi, dibandingkan dengan mobil bertansmisi manual, mobil matic perlu perhatian ekstra. Sebab jika terjadi kerusakan pada sistem transmisi, biaya perbaikannya bisa bikin jebol tabungan.

Muncul suara aneh ketika memindahkan transmisi

Jadi ketika melakukan perpindahan transmisi terdengar bunyi krek ataupun trek. Hal tersebut tentu bukan hal yang lumrah pada sebuah Mobil matic. Ketika memindahkan transmisi dari N menuju D atau P ke R tiba-tiba muncul suara tersebut berarti Anda harus waspada. Segera lakukan pengecekan dengan membawanya ke bengkel, karena bisa saja itu gejala awal kerusakan yang bisa bertambah parah.

Munculnya getaran ketika dikendarai

Pada saat melakukan perjalanan dan dirasa ada getaran yang timbul dari mesin terasa megganggu. Maka besar kemungkinan Mobil matic Anda mengalami masalah pada kampas kopling yang waktunya untuk diganti atau sudah aus.

Perpindahan trannsmisi tersendat

Apabila saat memindahkan transmisi Mobil matic terasa tersendat, maka sebaiknya segera diperiksakan ke bengkel. Apabila dibiarkan maka dapat membuat gigi transmisi terkunci sehingga sangat berbahaya. Kerusakan yang terjadi biasanya pada sistem mekanikal transmisi Mobil. Hal tersebut terjadi biasanya ketika sedang memindahkan transmisi mundur.

Saat memindahkan gigi terasa ada hentakan

Untuk Mobil matic kategori terbaru tentunya memiliki perpindahan transmisi yang halus. Jika terasa terdapat sedikit hentakan Saya rasa itu biasa saja. Namun yang patut dicurigai adalah timbulnya hentakan yang besar seperti terasa ada yang menabrak Mobil Anda dari belakang. Sebaiknya segera melakukan pemeriksaan, karena bisa saja ada masalah di bagian elektronik atau sistem mekanik lainnya. selain itu bisa juga terdapat kebocoran oli sehingga kinerja gigi transmisi kurang baik karena tidak terpelumasi dengan maksimal.

Kiriman serupa