Kehebatan teknologi china menguasai pasar dagangan

Kehebatan teknologi china menguasai pasar dagangan

Kehebatan teknologi china menguasai pasar dagangan,- Teknologi China adalah pertanyaan yang sering kali dibahas kalangan media Barat.Terutama dalam perang dagang AS-China yang kian memanas satu dua tahun ini.

Gesekan perdagangan tahun lalu telah mendorong banyak orang untuk melihat kembali ekonomi Tiongkok, dan berpikir lebih dalam tentang keunggulan dan kelemahan ekonomi Tiongkok. Hanya dengan pemahaman yang jelas, kita baru dapat menilai kemampuan suatu ekonomi negara dalam menahan guncangan.

Apa kehebatan teknologi china ?

Majalah Inggris, The Economist Edisi bulan Januari 2020 menerbitkan seluruh halaman tentang kekuatan ilmiah dan teknologi China. Dengan kata lain, yang patut diperhatikan adalah kemampuan sistemik dari seluruh perekonomian China.

Memang benar, banyak teknologi China berasal dari luar negeri. China sangat pandai melokalisasikan teknologi asing dan meningkatkannya dalam skala besar dengan sangat cepat.

Sebagai contohnya, Kereta cepat dan energi nuklir. Ketika Beijing memutuskan untuk mengambil jalan inovasi teknologi dan membangun Kereta cepat Maglev pada akhir abad 20 di tahun 90-an, diakhiri dengan kegagalan.

Setelah memasuki tahun 2000, China mulai mengimpor kereta cepat dari luar negeri.  Secara bertahap mulai melokalisasi teknologinya.

Hingga saat ini, China telah membangun lebih banyak jalur kereta cepat dibanding semua negara lain di dunia. Melampaui dua pertiga dari total jarak tempuh kereta cepat di dunia. 25% dari kereta cepat yang beroperasi di China seluruhnya buatan lokal.

Menurut data Bank Dunia, biaya pengendalian China sangatlah menakjubkan.Bila dibandingkan dengan kereta cepat Eropa, biaya China hanya 40% dari mereka. Ini adalah skala besar kemampuan untuk kereta cepat.

Di samping itu, Pembangkit listrik tenaga nuklir China sebenarnya mengambil jalur yang sama. Pembangkit listrik tenaga nuklir pertama yang dibangun di Tiongkok di tahun 1996 bersumber dari bantuan Perancis. Mitra Perancis mengajarkan pengalaman teknisnya. Atas fondasi ini, China telah menjadi negara nomor tiga di dunia dalam energi nuklir di 20 tahun terakhir.

“Jadi, Apa keunggulan teknologi China dan mengapa kemampuan China untuk produksi berskala besar begitu kuat?”

Jawabannya hanya satu, dukungan pemerintah Pusat Beijing. Begitu suatu teknologi diidentifikasi sebagai kebutuhan pembangunan nasional, pemerintah Pusat tidak akan ragu-ragu untuk mengimplementasikan proyek tersebut dengan investasi besar-besaran.

Sistem rantai pasokan komprehensif Tiongkok tidak tertandingi oleh negara mana pun di dunia. Di wilayah Delta Sungai Mutiara China propinsi Guangdong, Manufaktur mereka dapat memproduksi hampir semua jenis produk. Sebagai contohnya, Tesla yang mendapat manfaat dari rantai industri otomotif China yang mampu membangun pabrik di Shanghai dalam 10 bulan.

DJI - The World Leader in Camera Drones/Quadcopters for Aerial ...

Misalnya lagi, DJI-perusahaan drone terbesar di dunia yang berbasis di Shenzhen. Selain konsep desain canggih, rantai pasokan terlengkap di Shenzhen adalah faktor pendukung terpenting.

Lalu, apa yang membuat china menjadi raksasa di pasar dagangan ?

E-payment atau pembayaran seluler China yang berkembang pesat di seluruh dunia, Dan harus berterima kasih kepada kartu kredit. Karena kartu kredit di China kurang bisa diterima oleh negara nya sendiri.

Itulah yang membuat china menjadi negara raksasa yang menguasi pasar dagangan di seluruh dunia yang dapat mempengaruhi teknologi di seluruh dunia.