Membersihkan Ponsel Agar Bebas Virus Corona

Membersihkan Ponsel Agar Bebas Virus Corona

Membersihkan Ponsel Agar Bebas Virus Corona – Dokter Spesialis Penyakit Dalam Edward Faisal sempat mengeluarkan pernyataan bahwa sejumlah virus termasuk virus corona (Covid-19), dapat bertahan hingga lima hari di perangkat ponsel.

Pernyataan ini ia lontarkan saat acara dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. “Saat virus nempel di gawai kita bisa bertahan sampai lima hari, jangan salah,” kata dokter Edward.

Bahkan Edward mengatakan bahwa salah satu faktor virus bisa menempel di ponsel tersebut dapat terjadi di tempat-tempat umum seperti di dalam gerbong kereta commuter line (KRL).

“Pencemaran virus ke ponsel juga dapat berasal dari percikan droplet dari para pengguna KRL. Sebab, droplet ini dapat keluar ketika manusia berbicara apabila tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak,” ucap Edward.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), alkohol memiliki kemampuan menembus membran sel bakteri atau virus dan menghancurkannya dengan cara menurunkan tegangan permukaan sel dan denaturasi protein sehingga dapat membunuh bakteri dan melemahkan virus. Kemampuan alkohol tersebut pun dianggap paling efektif ketika kadarnya mencapai 70 persen. Meskipun alkohol 70 persen efektif untuk menumpas mikroba, ingat, jangan langsung menyemprotkan alkohol tersebut sebagai cara membersihkan HP.

Berikut beberapa tips agar pengguna bisa meminimalisir jumlah virus dan bakteri dari ponsel:

Penutup ponsel anti bakteri ini difungsikan untuk melapisi anti gores pada ponsel yang digunakan untuk menjaga ponsel dari kerusakan fisik.

Cabut semua kabel dan matikan handphone. Untuk alasan keamanan, mematikan layar perangkat akan memungkinkan kita untuk melihat kotoran dengan lebih mudah.

Copot atau lepaskan casing dan aksesoris lainnya yang terdapat pada ponsel.

Ingat, jangan menggosok layer terlalu keras agar tidak mengikis lapisan layar.

Hindari menggosok berlebihan bagian yang terbuka, seperti lubang charger atau earphone untuk menghindari adanya kelembapan yang dapat merusak ponsel.

Jangan lupa untuk membersihkan area belakang, seperti kamera belakang dan flash.

Bersihkan secara horizontal atau vertikal di layar sentuh ponsel dalam satu arah berulang dengan tisu disinfektan. Gerakan ini dapat menyapu mikroba dan merupakan cara paling aman untuk membersihkan layar. Misalnya, mulai dari sisi kiri layar dan usap lurus ke sisi kanan layar.

Bersihkan juga casing yang berbahan plastik dan gosok setiap permukaannya, biarkan alkohol menguap untuk mengeringkan casing sebelum dipasang kembali.

Jika masih khawatir tisu disinfektan dapat merusak layar ponsela, saat ini telah tersedia pembersih khusus ponsel yang mengklaim dapat membunuh 99,99 persen mikroba dan dapat mengusir bakteri.

Tisu disinfektan berbeda dengan alcohol swab yang khusus diperuntukkan untuk medis. Lebih baik, pilihlah tisu disinfektan khusus untuk gadget atau sebagai alternatif. Anda juga dapat menggunakan kain microfiber yang disemprot alkohol 70 persen. Sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit, langkah rasional juga sangat diperlukan.