Mitos atau Fakta

Menggoyang Mobil Saat Mengisi Bensin Bikin Lebih Irit. Mitos atau Fakta?

Mitos atau Fakta – Mitos ternyata juga ada didunia otomotif. Mitos paling populer adalah membunyikan klakson setiap kalian melewati jembatan. Alasannya agar ‘penghun’ jembatan tidak mengikutimu sepanjang perjalanan.

Benarkah demikian? Gak tahu juga. Namanya juga mitos, benar atau tidaknya selalu berada di area abu-abu. Mitos lain di dunia otomotif adalah menggoyang-goyang kendaraan saat mengisi bahan bakar.

Konon menggoyang mobil atau motor saat mengisi bensin atau solar bisa membuat aliran bahan bakar menjadi lancar sehingga perfoma mesin pun menjadi lebih joss daftar idnpoker tanpa rekening. Konsumsi bensin pun diklaim menjadi lebih irit. Namun, sekali lagi, benarkah demikian?

Baca juga : Layanan Home Service Honda untuk Penjualan dan Purna Jual

1. Bensin Merupakan Zat Cair

Bensin atau solar merupakan zat cair. Karena itu bensin atau solar akan mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang lebih rendah. Dengan begitu, tanpa digoyang-goyang pun, bensin dan solar akan dengan sendirinya memenuhi tangki bahan bakar.

2. Dapat menyebabkan mobil terbakar

Dengan menggoyang-goyangkan mobil atau motor saat mengisi bensin, maka nozzel bensin otomatis akan bergesekan dengan lubang bensin. Pada saat yang sama uap bensin yang terperangkap di tangki akan berusaha keluar melalui lubang bensin. Nah, kombinasi gesekan nozzel dengan uap bensin ini berpotensi memicu kebakaran, loh!

3. Tidak Sesuai SOP yang Berlaku

Ada baiknya melakukan pengisian bahan bakar sesuai dengan SOP yang berlaku, dengan tidak menggoyangkan kendaraan dan menunggu hingga proses pengisian selesai. Karena menggoyangkan kendaraan saat pengisian bahan bakar tidak tertulis SOP.

Selain menghindari kejadian yang tidak diinginkan, hal ini juga bertujuan untuk tidak membuang tenaga secara sia-sia untuk menggoyangkan mobil tersebut.

Sumber : Idntimes.com

Kiriman serupa