Suku cadang mobil – Jangan sembarangan membeli suku cadang mobil. Karena jika tidak diperhatikan dengan baik, maka akan merusak onderdil lainnya serta membuat mesin jadi kasar.

Baca juga : Intip kerennya Honda jazz keluaran terbaru

Bahkan, meski sekarang ini sangat banyak pilihan suku cadang dengan harga terjangkau, jangan sampai tergiur dengan embel-embel murah. Bisa jadi barang yang di beli merupakan imitasi atau rekondisi.

Memang tidak ada ketentuan tertentu yang mengharuskan untuk membeli onderdil mobil yang asli. Supaya tidak tergiur sengan suka cadang mobil abal-abal, yuk ketahui kelebihan dan manfaat membeli onderdil yang asli dan tips untuk membedakannya dengan yang palsu.

Mendapatkan Garansi Terpercaya
Keuntungan membeli onderdil asli adalah memiliki garansi. Jika terjadi kerusakan atau hal-hal tidak diinginkan lainnya, akan diganti selama periodewaktu yang ditentukan. Dan dalam jangka waktu tersebut, Penggantian yang dilakukan tidak dikenakan biaya (gratis). Ada yang 6 bulan atau 1 tahun.

Kualitas Lebih Terjamin
Onderdil Asli biasasnya sudah memenuhi standar-standar APK IDN POKER. Pembuatannya juga telah memenuhi aturan dengan beberapa pengujian yang di lakukan sebelum onderdil di pasarkan di berbagai dunia.

Langsung Cocok dengan Onderdil Lain
Ketika membelu suku cadang asli biasanya akan langsung cocok dengan onderdil lainnya. Tidak ada yang perlu dimodifikasi. Perubaham suku cadang dan modifikasi yang dilakukan dampaknya memang tidak akan langsung terlihat atau terasa. Namun, modifikasi ini akan dirasakan setelah beberapa waktu pemakaian.

Lebih Tahan Lama
Keunggulan lainnya adalah bisa tahan lama. Jika dilihat dari segi harga, memang akan lebih mahal dibanding dengan yang rekondisi atau imitasi. Namun dari segi keawetan, bisa tahan lama. Berbanding terbalik jika anda membeli spare parts kualitas kelas 2 atau bahkan 3, akan lebih mudah rusak. Jangan sampai karena tergiur dengan barang murah, mobil yang dikendarai jadi tidak nyaman digunakan.

Harga Jual Mobil Lebih Tinggi
Satu hal lagi yang perlu diketahui, yakni dengan membeli suku cadang asli adalah harga jual kendaraan tetap tinggi. Para calon pembeli akan melakukan uji coba terlebih dahulu dengan menggunakan mobil yang akan dibeli. Mereka akan merasakan mesin dan mengecek onderdilnya. Jadi, jika harga yang ditawarkan tinggi dengan kualitas onderdil terjamin, hal tersebut sah-sah saja terjadi. Ada harga ada kualitas yang ditawarkan.

Tips Membeli Onderdil Asli

Suku cadang asli dan imitasi seringkali susah untuk dibedakan jika dilihat sekilas. Namun jika ditelisik lebih jauh lagi, tentunya ada perbedaanya. Nah, inilah tips untuk memilih mana onderdil asli dan palsu.

● Membeli di Jaringan Resmi atau Terpercaya
Untuk mendapatkan barang yang orisinil, lebih baik membeli di jaringan resmi dan terpercaya. Jangan memilih hanya karena dekat dari rumah atau murah, pastikan keasliannya. Supaya mobil tetap halus saat dikemudikan.

● Mengenali Produk dan Kemasan
Hal lainnya yang tidak kalah penting sebelum memutuskan untuk membeli onderdil adalah mengenali produk dan kemasannya. Setelah itu, pastikan barang dalam kondisi yang bagus. Mungkin kemasan bisa rusak karena sering dibuka, namun pastikan produknya terjamin.

● Perhatikan Stiker Barcode dan Hologram
Saat membeli perhatikan juga stiker barcode dan hologram. Supaya makin percaya dengan produk yang dibeli, bisa scan barcode di aplikasi smartphone. Apakah produk tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan. Sudah banyak produk yang memiliki fisik barcode dalam bentuk 2 dimensi. Sama halnya dengan hologram, pastikan masih dalam kondisi bagus.

● Kumpulkan Informasi sebelum Membeli
Paling penting dilakukan adalah mengumpulkan berbagai informasi sebelum membeli sebuah produk. Mulai dari bentuk barang, kemasan, tipe-tipe, sampai dengan harga yang berlaku di pasaran. Hal tersebut dilakukan supaya tidak tertipu dengan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itulah, untuk membuat mobil tetap halus dan nyaman dikendarai, usahakan untuk selalu membeli suku cadang asli. Perlu untuk ditanamkan dalam benak, jangan tergiur dengan harga murah, prioritaskan keamanan dan kenyamanan dengan membeli barang-barang dengan kualitas yang tidak diragukan.

Sumber : Tribunnews.com

Kiriman serupa